Rabu, 11 Februari 2009

tips seputar pelembab


Seputar pelembab

Manfaat pelembab
Pelembab merupakan krim yang berguna untuk mengatasi kekurangan cairan pada kulit. Penggunaan pelembab secara rutin juga bisa membantu kesehatan dan kecantikan kulit. Kecantikan kulit. Krim pelembab merupakan salah satu minyak esensial yang harus diunakan setiap hari. Adapun kegunaanya adalah mepertahankan permukaan kulit agar tetap lembab dan segar, penggunaan pelembab juga bisa membuat kulit cerah dan lembut.

Tips memilih pelembab berdasarkan jenis kulit :

Ada dua jenis krim pelembab yan anda harus tahu. Yang pertama krim pelembab yang mengandung kadar air (water based), terdiri dari air dan minyak. Jenis ini merupakan yang paling banyak terdapat dipasaran. Kemudian krim pelembab yang mengandung minyak (oil based), yang mengandun lebih banyak air lalu diikuti air, jenis ini meninggalkan sedikit bercak pada kulit anda. bagi kulit yang berminyak hindari jenis ini, adapun pembagian jenis kulit sebaai berikut :

Kulit kering

Anda patut waspada terhadap pancaran lansung matahari, angin atau zat kimia lainnya seperti klorin karena akan membuat kulit menjadi sangat kering tanpa tanda-tanda. Jenis ini sangan baik jika menggunakan pelembab berjenis oil based . jika kulit anda berasa sudah baik, dianjurkan untuk mengurangi penggunaan krim pelembab.

Kulit berminyak

Kulit jenis ini bisa terlihat halus, lembut, bersih dan cantik, tergantung pemilihan krim pelembabnya. Merawat kulit berminyak memang membutuhkan kesabaran, tapi asal rutin merawatnya. Anda akan mendapatkan hasil yang tidak terduga-duga. Untuk jenis ini, pelembab bebas minyak adalah yang terbaik. Tapi anda juga bisa menggunakan pelembab jenis water based, untuk menghindari minyak yang berlebihan dikulit.

Kulit kombinasi

Kulit jenis ini kadang-kadang mengalami pergantian situasi kadang normal, berminyak, lalu bisa kering. Tapi situasinya datan tanpa terduga. Jadi anda haus rutin mengganti pelembab, jika tba-tiba bermiyak gunakan pelembab jenis water based, dan jika tiba-tiba kering gunakan oil based. Tapi yan terbaik menggunakan pelembab jenis kombinasi.

Kulit sensitif

Karena kulit jenis ini sangat berbeda dan sensitif terrhadap pembersih, zat kimia, atau bahkan element yang bersifat alami sekalipun, pendekatan terbaik adalah menggunakan pelembab yang bersifat lembut. Untuk amannya gunakan pelembab jenis fragrance-free dan hypoallergenic. Gunakan seperlunya.

Tips untuk memilih pelembab secara efektif
  • Pilih pelembab dengan vitamin A dan E untuk menjaga kekuatan kulit.
  • Gunakan pelembab sesaat setelah membersihkan diri, jadi anda akan membiarkan pelembab menetap dikulit.
  • Hindari penggunaan yang berlebihan karena akan membuat pori-pori membesar.
    Hindari kekurangan cairan pada kulit dan kulit kering saat musim panas, lindungi tubuh dengan pakaian yang melindungi kulit dari sengatan matahari langsung.
  • Pilih pelembab yang mengandun tabir surya dengan level SPF 15, yang betujuan melindungi kulit dari sinar ultra violet.
  • Jika memberi pelembab jangan focus pada satu tempat saja, misalnya wajah. Anda bisa memakainya pada bagian lain semisal siku, tangan, lutut dan kaki.
  • Pilih pelembab yang dengan jenis yang tidak terlalu cocok akan mudah teriritasi dan timbul bercak-bercak.

Tips menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab
  • Jangan terlalu lama mandi berendam. Lakukan selama 5 menit saja kalau anda melakukannya secara berlebihan, beresiko membuang minyak alami dalam kulit gunakan air hangat suam-suam.
  • Gunakan pelembab sehabis mandi
    Selama musim dingin gunakan syal, sarung tangan untuk melindungi kulit dari kulit pecah-pecah.
  • Waktu yang tepat untuk mengoleskan pelembab
    Lakukan setelah bercukur.
  • Gunakan pelembab sebelum menggunakan make-up.
  • Gunakan sepanjang hari dan selagi sempat kalau memang kulit anda tergolong kering.
  • Gunakan pelembab sebelum tidur.
  • Bersihkan segalanya setelah memakai make-up.

Dikutip dari tabloid Bintang edisi 863 tahun XVII minggu kedua November 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar